Welcome
image

Ruqayah, M.Pd


SMPN 4 PATI
Jl. P. Sudirman No. 18 Pati
Jawa Tengah
indonesia
SISTEM PENDATAAN BIODATA SISWA
Link Terkait
FISIKA Net

http://www.fisikaasyik.com/home02/templates/fisikaasyik_T05/images/header_full.gif

http://pembelajaran.fisikaonline.com/theme/children-education/pix/banner.jpg

     Pembelajaran Fisika Online

 

 

 

Pendahuluan RSBI SMPN 4 Pati

A. Latar Belakang

Era kesejagatan telah memunculkan persaingan yang sangat ketat antar bangsa. Bangsa yang memiliki kemampuan bersaing akan memperoleh keuntungan dan sebaliknya bangsa yang tidak memiliki kemampuan bersaing akan menuai kerugian. Kemampuan bersaing sangat ditentukan oleh kekuatan faktor daya saing. Di antara banyak faktor daya saing, tiga yang utama adalah manajemen, teknologi, dan sumberdaya manusia. Manajemen yang tangguh akan mampu meningkatkan efisiensi biaya dan efektivitas hasil. Keunggulan eknologi (konstruksi, manufaktur, transportasi, komunikasi, bio, dan energi) akan mampu meningkatkan nilai tambah dan diversifikasi produk. Keunggulan teknologi hanya akan dapat dicapai melalui kepemilikan sumberdaya manusia yang kuat dalam penguasaan ilmu-ilmu yang mendasari teknologi, yaitu matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (fisika, kimia, biologi), dan bahasa global yaitu bahasa Inggris. Sedang keunggulan sumberdaya manusia akan menentukan kemenangan bersaing antar bangsa. Keunggulan faktor daya saing sumberdaya manusia merupakan kunci karena sumberdaya manusia merupakan satu-satunya sumberdaya aktif sedang sumberdaya selebihnya pasif. Sumberdaya manusia yang memiliki keunggulan dalam matematika, Ilmu Pengetahuan Alam beserta terapannya yaitu teknologi, dan bahasa Inggris akan mampu bersaing secara sehat dalam percaturan global yang telah, sedang dan akan berlangsung secara ketat.

Pentingnya pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam bahasa Inggris setidaknya didorong oleh dua hal. Pertama, Indonesia harus mampu mengembangkan sumberdaya manusia tangguh dalam jumlah besar dan dalam waktu singkat. Upaya
tersebut perlu dilakukan karena sumberdaya manusia merupakan faktor daya saing yang paling menentukan terutama sumber daya manusia yang menguasai teknologi dan ilmu-ilmu yang mendasarinya yaitu matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sementara itu, teknologi dan ilmu-ilmu yang mendasarinya berkembang dengan pesat sehingga memerlukan sumberdaya manusia yang terampil (cepat, cekat, dan tepat) dalam learning and relearning.

Kedua, Indonesia harus serius mengembangkan sumberdaya manusia yang diharapkan mampu berkomunikasi secara global dengan bahasa Inggris karena bahasa ini merupakan bahasa internasional. Sementara itu sebagian besar ilmu seperti misalnya matematika, fisika, biologi, kimia dan teknologi (komunikasi, manufaktur, konstruksi, transportasi, bio, dan energi) disebarluaskan dalam bahasa inggris. Mengingat sebagian besar bacaan ilmu umumnya berbahasa inggris, maka untuk memperoleh ilmu secara mudah dan cepat dari bangsa-bangsa yang lebih maju diperlukan generasi muda indonesia yang tangguh dalam bahasa Inggris. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang memadai, generasi muda akan mudah mengakses/memperoleh informasi/ilmu yang baru dari negara-negara maju. Selain untuk mengakses ilmu, bahasa Inggris juga merupakan bahasa komunikasi antar bangsa.
Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2004/2005 memprogramkan untuk melakukan implementasi terbatas pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam bahasa Inggris (Mathematics and Science in English) pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di 31 sekolah Koalisi di 30 Propinsi di Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu upaya peningkatan kemampuan dan kemahiran berbahasa Inggris bagi siswa, dan peningkatan profesionalisme guru, yang pada akhirnya secara paralel akan mampu meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan di tingkat SMP.

Serangkaian langkah dalam upaya tersebut telah dilakukan oleh Direktorat PLP, diantaranya persiapan implementasi program yang meliputi persiapan: (a) bahan ajar; (b) bahan penunjang pembelajaran; (c) tenaga pengajar dan (d) supporting system sekolah.

Harapan ke depan, pelaksanaan program ini tidak hanya terbatas pada sekolah koalisi saja tetapi juga pada sekolah-sekolah lainnya yang sumberdayanya sudah siap untuk melaksanakan program ini.


B. Tujuan

Pedoman ini disusun dengan tujuan sebagai berikut:

  1. membantu berbagai pihak untuk memahami, mensosialisasikan dan melaksanakan pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam bahasa Inggris;
  2. membantu sekolah yang melaksanakan pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam bahasa Inggris dalam mengelola sekolahnya sehingga menjadi contoh bagi sekolah-sekolah di sekitarnya;
  3. membantu jajaran birokrasi pada tingkat pusat, propinsi, dan kabupaten/kota dalam memfasilitasi sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam bahasa Inggris sehingga program berjalan dengan baik.

 

Wed, 15 Jul 2009 @11:50

Copyright © 2017 SMPN 4 PATI · All Rights Reserved